Selasa, 07 Oktober 2014

◄ Yohanes 8:12 ►


"Ketika Yesus berbicara lagi kepada orang-orang, ia berkata, "Akulah terang dunia. Siapapun yang mengikuti saya tidak akan pernah berjalan dalam kegelapan, tetapi akan memiliki cahaya kehidupan."YESUS."

Ayat 12-ch. 9: 41-43. - Kristus Terang dunia, dengan diskusi konsekuen. Ayat 12 -

(1) khidmat dan formal pernyataan. Jika bagian ini kita baru saja terakhir itu merupakan bagian integral dari Injil, dan di tempat yang tepat, yang mengacu pada melanggar pagi, mata pertama matahari atas bukit ungu tiba-tiba mengubah garis gelap mereka ke dalam aspek semitransparan perhiasan, dan cekungan berkabut mereka ke lipatan bercahaya cahaya, akan menjadi makna yang jelas atau alasan citra baru yang ia mengadopsi: ". Akulah terang Dunia" Namun, jika seluruh perikop tidak di tempat yang benar, kita harus menghubungkan vers. 12-20 dengan wacana bab sebelumnya. Pada hari puncak perayaan itu, dalam kiasan yang jelas untuk gambar mistik air di Siloam, dan pemindahan ke pengadilan candi, Yesus berkata, "Jika ada orang yang haus, baiklah ia datang kepada saya, dan minum." Banyak kritikus membayangkan bahwa sekarang ia mengacu pada kebiasaan, pada malam pertama dari Hari Raya Pondok Daun, dan mungkin, meskipun tidak pasti, pada malam lain, dari ranting tempat lilin emas di istana wanita, memberikan sinyal untuk penerangan brilian yang terlihat di atas kota dan bukit-bukit sekitarnya. Seperti air peringatan simbolis dari smiting batu, sehingga kobaran api tiba-tiba di pengadilan candi adalah pengingat serupa pilar api di padang gurun, dan komentator telah menemukan dalam seperti upacara dan kenangan kesempatan untuk kata-kata Tuhan kita. Pasti mereka pergi jauh lebih dalam, dan memiliki makna yang lebih luas. Penciptaan cahaya oleh Firman Tuhan, dan pernyataan St John sendiri dalam prolog bahwa dalam Logos adalah hidup, dan hidup adalah cahaya, dan cahaya bersinar dalam kegelapan sebelum Inkarnasi, adalah interpretasi yang lebih memadai . "Firman itu telah menjadi manusia," dan ini adalah kesempatan besar untuk penyataan kemuliaan Allah. "Kami melihat kemuliaan-Nya," kata Paulus, "bahwa seorang Anak Tunggal Bapa." Injil narasi memasok bahan yang diinduksi penginjil untuk pengantar dengan kata-kata mengesankan. Kehidupan manusia yang dihasilkan oleh dia yang Hidup mencerahkan dunia dengan kemuliaan. Dia adalah Terang dunia, karena ia adalah Sumber hidupnya. Ini inversi urutan milik ilmu pengetahuan modern dan bahkan kosmogoni Mosaic, sebagian menunjukkan apa yang dimaksud dengan "Cahaya," dan Terang hidup. Kehidupan di pikiran Yohanes adalah berkat Ilahi, esensi dari kegiatan Ilahi dan makhluk penting. Bapa beroleh dalam dirinya sendiri, dan ia telah diberikan kepada Anak-Nya menjadi sama diri lengkap. Dia bisa memberi kehidupan ini pada orang lain, berkomunikasi kesempurnaan sendiri untuk beberapa makhluk tangannya, bahkan melimpahkan kepada mereka beberapa elemen penting dari keberadaan-Nya sendiri. Ada emanasi bervariasi dan sebagainya-puttings kehidupan ini - nabati, hewani, psikis, spiritual - dan dalam setiap kasus kehidupan menjadi sumber bercahaya arah, kekuatan diri penyataan, cahaya. Kehidupan tertinggi dari semua adalah Cahaya terang - Lampu sejati dari semua penglihatan kita (lihat ch Yohanes 1: 9 dan Yohanes 11: 9, 10.). Yesus berkata, "Akulah terang dunia," menerangi kegelapan yang jauh lebih mengesankan daripada kembang api candi, atau bahkan pilar awan bercahaya, nay, lebih dari sinar matahari sendiri; dan bahwa karena ia Holder dan Pemberi kehidupan. Sekali lagi karena itu Yesus berbicara kepada mereka, berkata: Akulah Terang dunia. The "lagi" mungkin menunjuk kembali ke wacana bab sebelumnya, atau gangguan penonton dan pengajaran yang pagi. Jika itu pagi keberangkatan ribuan dari kota suci, kesesuaian aneh dirasakan pada kelanjutan: Dia yang followeth saya akan tidak (dengan cara apapun) berjalan dalam kegelapan - tidak akan memulai sepanjang mencemari ziarah dalam keremangan malam dan kabut bersembunyi berat, tapi dia harus, dalam persahabatan saya, memiliki cahaya kehidupan. Follower saya akan melihat jalan. Mereka yang sudah masuk ke dalam persekutuan hidup dengan One terjaga dari tidur semua kematian dan kegelapan, hidup "berjalan dalam terang, karena ia dalam terang;" "menjadi terang di dalam Tuhan;" "yang dimanifestasikan ringan;" berada bersama Tuhan menjadi φωστήρες, pembawa obor untuk sisanya; dan, lebih dari semua (Matius 5:14), itu sendiri "terang dunia." The Messiah telah diantisipasi sebagai "Cahaya," sebagai Terang bangsa-bangsa lain serta orang-orang Yahudi (Yesaya 42: 6; Yesaya 49: 6; Maleakhi 4: 2; lih Luk 02:32, di mana Simeon telah menangkap semangat nabi kuno). Edersheim (mengutip 'Bemidb R.,.' 3 dan 15, dan 'Yalkut pada Yesaya 60): "Para rabi berbicara tentang cahaya asli di mana Allah telah membungkus dirinya seperti dalam pakaian, yang begitu cemerlang sehingga tidak bisa bersinar hari karena akan meredupkan cahaya matahari. dari cahaya dari matahari, bulan, dan bintang-bintang telah menyala. itu sekarang disediakan di bawah takhta Allah untuk Mesias, yang di hari itu akan bersinar lagi. "(Logos, dalam bahasa Philo, arketipe dan Keluar dari cahaya.) Namun seluruh makna manifestasi kehidupan Ilahi dalam Mesias adalah difusi itu pada orang lain. Semua ajaran Kristus tentang dirinya memiliki bantalan praktis dan etis ini. Ἕξει The - "akan", "akan dalam kepemilikan," terang - selaras dengan semua ajaran indah yang memadukan Kristus dan para pengikutnya dalam satu kesatuan, "Aku di dalam mereka, mereka pada saya," dari ch. 15, 17; dan Paulus "Kristus nyata di dalam kamu," "Kristus hidup di dalam aku" (Kolose 1:27; Galatia 1:20). "Cahaya," kata Agustinus, "mengungkapkan hal-hal lain dan sangat diri sendiri, membuka mata yang sehat, dan menjadi saksi sendiri."

Gill Eksposisi Seluruh Alkitab

Maka berkatalah Yesus lagi kepada mereka, .... fragmen Syria Uskup Usher, yang diterbitkan oleh De Dieu, prefaces ayat ini demikian, "ketika mereka berkumpul", Yesus berkata, & c. yaitu, ahli-ahli Taurat dan orang Farisi, yang pergi keluar dan kembali lagi; atau beberapa orang lain dari mereka, yang datang setelah ini, kepada siapa Kristus ditangani sendiri demikian:

Akulah terang dunia; yang ia mungkin mengatakan, pada kesempatan matahari terbit, yang sekarang naik, dan mungkin bersinar terang di wajah mereka; lihat Yohanes 8: 2; yang, "terang dunia", sebagaimana Aben Ezra dalam Mazmur 19: 8 benar menyebutnya: sehingga pada kesempatan air di sumur Yakub, ia discoursed air hidup; dan setelah orang-orang Yahudi di Kapernaum menyebutkan manna, ia dirawat di besar tentang dirinya sebagai roti hidup: dan ia juga bisa memanfaatkan karakter ini, dan menerapkannya pada dirinya sendiri, dengan maksud untuk beberapa bagian dalam Perjanjian Lama, yang berbicara tentang dia di bawah metafora matahari, seperti Mazmur 84:11, dan mewakili dia sebagai cahaya; dan orang-orang Yahudi (t) sendiri mengatakan, bahwa cahaya adalah salah satu nama dari Mesias; dan Allah sendiri disebut oleh mereka, terang dunia (u): dan juga ia mungkin memiliki hal tersebut judul sombong dan karakter, yang para dokter Yahudi diasumsikan angkuh untuk diri mereka sendiri, dan menentang dirinya kepada mereka; karena mereka tidak hanya memanggil Musa tuan mereka,, "terang dunia" (w), dan juga hukum Musa (x), tapi Rabbins dan dokter mereka; Lihat komentar di Matius 05:14. Dengan dunia di sini dimaksudkan, tidak seluruh dunia, dan semua individu itu; karena sekalipun Kristus, sebagai Pencipta segala sesuatu, adalah terang manusia, dan tidak meringankan setiap orang individu dengan cahaya alam dan alasan, namun tidak dengan cara spiritual dan tabungan, seperti yang dimaksudkan di sini; maupun seluruh tubuh orang-orang pilihan Allah, meskipun mereka kadang-kadang disebut dunia, menjadi bagian yang lebih baik dari itu, dan membuat cahaya di dalam Tuhan, dalam arti khusus; atau hanya orang-orang Yahudi, dan yang dipilih Allah, di antara mereka, meskipun Kristus adalah cahaya yang bagus untuk banyak dari mereka, yang duduk dalam kegelapan, dan dalam bayang-bayang kematian; tetapi bangsa-bangsa lain yang di sini dirancang, yang biasa disebut oleh orang Yahudi, dunia; Lihat komentar di Yohanes 3:16. Dan ini adalah dalam kegelapan bruto sebelum kedatangan Kristus, tentang Ilahi, mengenai objek, alam, dan cara ibadah; Kitab Suci, hukum, dan Injil; Mesias, dan kantornya dan bekerja; Roh Allah, dan operasinya kasih karunia; kebangkitan orang mati, dan negara di masa depan; sekarang Kristus datang untuk menjadi terang bangsa-bangsa lain, serta kemuliaan umat-Nya Israel: Tuhan kita tampaknya memiliki sehubungan dengan nubuatan dia, dalam Yesaya 42: 6, serta menyinggung matahari di cakrawala; cahaya yang disebarkan ke semua bangsa di bumi, dan tidak terbatas pada satu tempat tanah hanya: tapi karena Kristus adalah menteri sunat, dan diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel, dapat ditanyakan , bagaimana ia bisa menjadi terang bangsa-bangsa lain? yang mungkin akan menjawab, bahwa ia begitu oleh para rasul-Nya, yang dikirim oleh dia dengan terang Injil, ke seluruh dunia; dan oleh Roh-Nya, yang menerangi pikiran manusia, yang kegelapan itu sendiri, dengan terang Kristus, karena ia tidak hanya penulis dan pemberi cahaya alam untuk semua orang, tetapi juga dari cahaya rahmat untuk semua orang-orang pilihan-Nya, bukan Yahudi serta orang-orang Yahudi; yang, dalam terang-Nya, melihat cahaya; melihat diri mereka hilang dan dibatalkan, dan dia menjadi satu-satunya yang bersedia, mampu, cocok, dan lengkap Juruselamat; dan memandang keajaiban-keajaiban dalam doktrin Injil, dan memiliki beberapa sekilas kemuliaan; dan dia juga penulis semua cahaya kemuliaan orang-orang kudus nikmati di dunia lain; Anak Domba adalah terang negara itu; dia penerang abadi mereka, dan kemuliaan; dan bahagia adalah mereka yang pengikutnya sekarang:

dia yang followeth saya; tidak corporeally, tetapi secara rohani, dengan iman; untuk sebagai percaya yang dinyatakan dengan datang kepada Kristus, demikian dengan mengikuti mengejarnya: bandingkan dengan ini, John 0:46; dan dengan cinta dan kasih sayang kepadanya, keinginan jiwa yang kepadanya, dan untuk mengingat dia; dan dalam menjalankan setiap rahmat dan debit dari setiap tugas, meniru dirinya; dan melalui berbagai penderitaan dan kesengsaraan, menekan setelah dia sebagai panduan, kapten, dan pelopor: dan semacamnya

tidak akan berjalan dalam kegelapan; dalam kegelapan unregeneracy, tidak tahu apa yang mereka, dan di mana mereka berada, dan ke mana mereka akan; untuk tahu seperti mereka dalam terang; dan meskipun mereka buta, sekarang mereka lihat; mereka tahu di mana mereka percaya, dan bahwa mereka ada di dalam Kristus, dalam perjanjian kasih karunia, dan kasih Allah, dan akan ke surga dan kebahagiaan kekal; tersebut tidak akan berjalan dalam kegelapan ketidakpercayaan; tapi berjalan dengan iman kepada Kristus; atau dalam kegelapan kesalahan, tetapi dalam kebenaran Injil, dan seperti menjadi itu; dan meskipun mereka kadang-kadang berjalan tanpa cahaya wajah Allah, namun ringan akan muncul kepada mereka; dan itu "tidak akan pergi ke dalam kegelapan", sebagai versi Ethiopia menjadikan kata-kata, ke dalam kegelapan yang paling gelap, atau kegelapan kematian kekal:

tetapi harus memiliki cahaya kehidupan; kasih karunia Allah tinggal di dalam mereka sekarang; yang karena merupakan sumur air hidup, bermunculan untuk hidup yang kekal, sehingga cahaya yang bersinar, yang meningkat menjadi hari yang sempurna: sebagai kegelapan dan kematian, begitu ringan dan kehidupan pergi bersama-sama; rahmat, yang mencerahkan, juga mempercepat dan menghibur, dan isu-isu dalam cahaya abadi dan hidup; cahaya yang tidak akan pernah padam, dan kehidupan yang akan terus selama-lamanya, dengan tidak pernah memudar sukacita dan kesenangan; lihat Ayub 33:30.

(t) Bereshit Rabba, fol. 1 3 Echa Rabbati, fol. 50. 2 & Jarchi di xliii Psal. 3. ((U) Bemidbar Rabba, sekte. 15. fol. 217. 2 ((w) Tzeror Hammor, fol. 114. 3. ((X) T. Bab. Bava Bathra, fol. 4. 1..

Komentar Jamieson-Fausset-Brown Alkitab

Yoh 8: 12-59. Wacana Selanjutnya Yesus-Mencoba untuk Batu-Nya.

12 Akulah terang dunia-Sebagai mantan referensi air (Yoh 4:13, 14; 7: 37-39) dan roti (Yoh 06:35) yang disebabkan oleh kejadian luar, jadi yang satu ini terhadap cahaya . Dalam "kas" di mana ia berbicara (lihat di [1804] Yoh 8:20) berdiri dua kolosal emas lampu-berdiri, yang tergantung banyak lampu, terang setelah korban petang (mungkin setiap malam selama hari raya Pondok Daun ), menyebarkan brilliancy mereka, dikatakan, seluruh kota. Sekitar ini orang-orang menari dengan sukacita yang besar. Sekarang, seperti di tengah-tengah perayaan air dari Siloam Yesus berseru, katanya: "Jika ada orang yang haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum," jadi sekarang di tengah-tengah api dan joyousness pencahayaan ini, Dia menyatakan, "I AM THE terang dunia "-plainly dalam arti yang paling mutlak. Karena sekalipun Ia memberi murid-muridNya judul yang sama, mereka hanya "terang di dalam Tuhan" (Ef 5: 8); dan meskipun Dia menyebut Pembaptis "pembakaran dan bersinar terang" (atau "lampu" pada zamannya, Yoh 5:35), namun "dia tidak Cahaya itu, tapi dikirim untuk memberikan kesaksian tentang terang itu: yang BENAR cahaya yang, datang ke dalam dunia, menerangi setiap orang "(Yoh 1: 8, 9). Di bawah judul megah ini Mesias yang dijanjikan tua (Yes 42: 6; Mal 4:. 2, & c).

dia yang followeth me-sebagai salah satu melakukan cahaya akan di depannya, dan sebagai orang Israel tiang awan cerah di padang gurun.

tetapi harus memiliki cahaya kehidupan-terang, sebagai dunia baru, yang baru terbangun kehidupan rohani dan kekal.

( Yohanes 8:12 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar